kaki bengkak, memar, bengkak

Mengobati Luka Memar Bengkak

Gedubrak,… “aduh…” itu yang aku dengar dari ruang tengah. Cukup keras, tapi suara “aduh” terdengar lirih. Spontan aku tengok asal suara. Didepan pintu, aku lihat anakku yang kecil, Laluna, duduk bersimpuh sambil memegangi lutunya.

“Kenapa?. Sakit lututnya?”, tanyaku lembut. Laluna menggelengkan kepala, tapi tangannya tak juga lepas dari lututnya. Aku lihat dengan lebih dekat. Wow.. ada semburat kebiruan di kaki anakku. Juga terlihat mulai membengkak. Anakku mengalami luka memar dan bengkak akibat benturan.

Begitulah Laluna, mungkin juga anak-anak pada umumnya. Mereka suka berlarian dan kurang hati-hati sehingga sering terjatuh atau menabrak sesuatu. Pada anakku, dia menabrak daun pintu dan kakinya memar bengkak karenanya. Tapi untuk luka seperti ini, asal tidak menyebabkan luka besar atau patah tulang, adalah hal yang tidak berbahaya dan bisa diobati sendiri, tanpa perlu rasa panik.

Mengapa Memar Dan Bengkak?

Memar, lebam, bengkak merupakan cidera pada jaringan tubuh yang mengakibatkan rusaknya jaringan lunak, pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan darah mengendap pada jaringan di sekitarnya (hematoma) dan tidak disertai dengan robeknya jaringan kulit. Umumnya, cidera atau luka ini ditandai dengan pembengkakan dan perubahan warna pada kulit.

Penyebab utama memar adalah benturan yang menyebabkan jaringan kapiler darah pecah. Peristiwa ini menyebabkan mediator nyeri seperti prostaglandin dilepaskan sehingga terjadilah pembengkakan. Darah yang merembes keluar dari pembuluh kapiler akan mengendap pada jaringan sekitar yang nampak sebagai jejak warna biru-ungu-kecoklatan. Perubahan warna ini terjadi karena terjadi konversi hemoglobin menjadi bilirubin. Proses selanjutnya bilirubun akan diproses menjadi hemosiderin yang berwarna kecoklatan. Endapan darah pada jaringan sekitar memar akan difogositosis sehingga berangsur-angsur akan menghilang dari jaringan.

Memar bukanlah merupakan keadaan medis yang serius. Namun jika terjadi memar di daerah kepala, perlu kehatian-hatian mengingat adanya kemungkinan memar tersebut berpengaruh pada sistem syaraf pusat di otak.

Terjadinya memar juga disertai dengan rasa nyeri. Hal ini karena mediator nyeri (prostaglandin) dilepaskan sebagai akibat dari kerusakan sel. Selain nyeri, juga terjadi bengkak sebagai akibat dilepaskanannya mediator nyeri tersebut.

Pada umumnya, luka memar akan sembuh dalam jangka waktu 2-3 minggu. Jadi tanpa diobati luka memar, lebam dan bengkak akan sembuh dengan sendirinya.

Obat Mempercepat Penyembuhan Memar

Kalau cukup kuat menahan nyeri dan punya kesabaran, memar tidak perlu diobati sebab akan sembuh dengan sendirinya. Tapi jika tidak, seperti anakku Laluna, perlu obat untuk mempercepat penyembuhannya.

Jenis obat yang pertama adalah pereda nyeri. Obat jenis ini juga berfungsi sebagai anti bengkak. Hal ini terjadi karena obat pereda nyeri golongan AINS bekerja dengan melakukan blokade atas reseptor prostglandin penyebab bengkak dan nyeri. Termasuk obat jenis ini adlah diklofenak (Cataflam, Voltadex, Voren, Voltaren, Flamar) baik tablet maupun krim. Piroksikam (Feldene, Pirofel, Infeld) juga cukup efektif untuk keperluan ini.

Jenis obat yang kedua adalah obat untuk mempercepat penghilangan endapan darah di jaringan. Untuk ini digunakan heparin (Thrombophob) baik gel maupun salep, sebuah antikoagulan yang poten, yang dapat mengurai kembali bekuan darah di jaringan. Jika bekuan darah di jaringan terurai, maka warna kebiruan, ungu maupun coklat pada memar akan menghilang.

Dengan dua jenis obat tersebut, cukup untuk mempercepat penyembuhan luka memar lebam dan bengkak. Untuk Laluna, cukup dengan AINS yang diberikan dalam bentuk krim. Itu sudah cukup. Percayalah…

Incoming search terms:
  • obat memar
  • obat bengkak
  • obat luka dalam karena benturan
  • obat memar karena benturan
  • cara mengobati bengkak akibat benturan
  • obat luka memar
  • obat memar karena terbentur
  • obat bengkak memar
  • cara mengobati kaki bengkak karena benturan
  • obat memar tulang

admin

Teguh IW, seorang farmasis, suka menulis, ingin menjadi full time blogger, dan bekerja di Apotek Randukuning, Pati, Jawa Tengah.

15 komentar pada "Mengobati Luka Memar Bengkak"

  1. suami sy 2minggu yg lalu kerubuhan motor.lututnya bengkak lebam.sudah 2 minggu kok lom sembuh2 y.mohon solusinya.apa obatnya

  2. Jempol Kaki Saya Tertimpa Benda Keras. Bengkak Dan Berdarah Pada Ujung Pangkal Kuku.Bagaimna Menghentikan Pendarahan Sebab Sudah Diberi Obat Luka Tapi Darah Mengalir Terus Padahal Lukanya Kecil.

  3. Kaki anak saya ketiban ayunan yg berat pada bagian tulang kering betisnya,hingga sekarang luka memarnya mengeluarkan nanah dan meninggalkan lubang yg dalam,dia sulit sekali u minum obat,mohon solusinya dok,terimakasih

    1. jika luka sapa bernanah, itu adalah tanda infeksi. Untuk itu pemberian antibiotik sangat diperlukan. Selain yang diminum, antibiotik juga ada dalam bentuk cream/salep. Tergantung pada besar dan parahnya luka, pemberian antibiotik yang diminum mungkin diperlukan.

  4. Gini anak saya habis jatuh dari sepeda lah pas jatuhnya itu kan tangan kiri jatuh duluan lah sampe sekarang sikutnya anak saya bengkak agak besar tolong jawabannya gimana

  5. Min, numpang tanya …
    Tadi pagi jari kaki manis saya ketimpa tabung gas 3kg …
    Nah sekarang bengkak memar, di pangkal kuku nya ada darah beku yang udah kehitaman …
    Kalau mau pakai sendal sakit banget …
    Sampai sekarang masih nyut2an …
    Saya susah mau kerja kalau kayak gini …
    Minta solusi nya dong min …
    Obat yang mana yang cocok untuk saya …
    Dan kira2 harga nya brp ???

    1. gunakan obat anti nyeri, seperti yg ada dalam artikel. sedangkan untuk mengurangi bengkak, jika tidak ada luka terbuka, gunakah thrombophob.

  6. Kaki saya memar tanpa ada benturan, tapi memar setelah selah 2 hari pijat reflexy. Awalnya saya biarkan saja dan berharap sembuh sendiri, tapi selang 3 minggu masih ada bekas memar d pergelangan kaki saya, bahkan kemarin setelah kerja dan membuka sepatu kaki saya bengkak luar biasa, bengkak sempat turun setelah tdur malam, tp jika saya bekerja lg kaki sya kembali bengkak, saya sdh ke dokter tp hanya d kasih amoxilin dan clavulanic acid. Apa ada tips lain?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>