bisul

Antibiotik Untuk Menghilangkan Bisul

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Setiap orang saya rasa sudah mengetahuinya. Maka demi menjaga kesehatan, saya rela mandi 2 kali sehari, dengan sabun. Tak lupa pula cuci tangan dan kaki setelah melakukan aktivitas. Cuci kaki dan tangannya juga pakai sabun. Tapi apakah itu cukup untuk mencegah semua penyakit kulit, utamanya infeksi bakteri?

Ternyata tidak juga. Sebab hari ini aku menemukan benjolan kecil, di kaki, yang cukup gatal. Aku garuk, ternyata tidak hilang juga. Setelah diamati, ternyata kulitku ada bisul. Orang Jawa menyebut bisul sebagai wudun. Kecil, gatal dan terasa panas. Huadhuh.. Penyakit akibat kurang higienis ternyata mampir juga.

Bukan masalah serius soal penyakit bisul. Tapi mengganggu dan bikin malu itu lho membuatku segera mencari obat yang tepat dan manjur untuk bisul satu ini. Tapi apasih bisul itu?

Penyebab Bisul

Bisul atau wudun adalah penyakit kulit, berupa benjolan yang berisis nanah (abses) yang terakumulasi di dalam jaringan sebagai akibat infeksi bakteri. Ketika terjadi infeksi, terjadi kerusakan sel. Hal ini memicu dikeluarkannya toksin yang menyebabkan radang. Sel darah putih akan menuju tempat terjadinya infeksi untuk meredam dan menghilangkan infeksinya. Dalam usaha menghilangkan infeksi, sel darah putih ada yang gagal dan terjadilah nanah.

Penyebab bisul (furunkel) jelas infeksi oleh bakteri, utamanya bakteri Staphilococcus aureus. Bakteri ini masuk melalui pori dan menginfeksi folikel rambut, menyebabkan peradangan, rasa gatal, panas dan nyeri.

Pada awalnya, bisul berupa benjolan keras berwarna merah yang mengandung nanah. Benjolan ini berfluktuasi dan baian tengah menjadi putih/kuning membentuk pustula. Bisul dapat pecah secara spontan atau dipecahkan dab mengeluarkan nanah, kadang bercampuir bersama darah. Jika bisul ini sering kambuh, disebut dengan furunkelosis.

Bagian yang paling sering terkena infeksi bisul adalah daerah leher, payudara, wajah dan pantat.

Obat Antibiotik Untuk Bisul

Banyak yang menganggap remeh bisul. Karenanya, bisul sering dibiarkan, menunggu sampai “matang”. Dan setelah matang, pengobatan yang dilakukan adalah di sodet hingga pecah dan nanah dikeluarkan. Ini tentu pengobatan yang tidak tepat.

Adanya nanah dapat menimbulkan rongga di dalam kulit. Bisa jadi rongga ini besar sehingga setelah bisul sembuh, akan timbul bekas luka berupa lekukan di kulit. Dari sisi estetika, tentu hal ini tidak diharapkan.

Pengobatan bisul sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Karena penyebab bisul adalah infeksi bakteri, maka digunakan obat antibiotik. Salah satu obat bisul yang populer adalah ichtyol salep merupakan obat klasik untuk bisul. Namun obat ini merupakan nantiseptik lemah dan beraroma tida sedap sehingga saat ini mulai tergeser penggunaannya.

Gentamicin (Sagestam, Genoint, Garamycin) krim maupun salep merupakan obat yang cukup efektif mengatasi infeksi staphilococcus penyebab bisul. Gentamicin bekerja dengan cara menghambat sintesa protein bekateri malalui pengikatan unit 30s ribosom yang akan menghentikan sintesis protein bakteri. Gentamicin merupakan antibiotik yang mudah diserap dalam kulit sehingga mempunyai aksi cepat mengatasi bisul.

Selain gentamicin, asam fusidat (fucidic acid) merupakan antibiotik yang juga efektif. Asam fusidat (Fusycom) bekerja dengan cara menghambat replikasi bakteri dan bersifat bakteriostatik.

Apabila obat topikal tida mencukupi, maka dapat digunakann antibiotik oral seperti amoksisilin (Amoxsan, Kalmoxillin) yang diminum 3 kali sehari 1 tablet. Klindamisin (Clinmas, Climadan, Clinjos) yang diminum 2 kali sehari 1 kapsul juga efektif danmemiliki kemampuan yang baik dalam menembus jaringan lunak dan nanah. Jika bakteri tersebut resisten, maka dapat digunakan antibiotik yang lebih kuat seperti flucloxacillin (Floxabiotic, Floxapen) atau dicloxacillin yang merupakan antibiotik anti staphilococcus.

Bagaimana dengan pencegahan? Cara klasik namun tetap manjur dan efektif: jagalah kebersihan. Oke?!!

Incoming search terms:
  • obat bisul
  • salep bisul
  • obat bisul salep
  • antibiotik untuk bisul
  • salep untuk bisul
  • obat untuk bisul
  • bisul
  • obat bisul antibiotik
  • obat bisul di pantat
  • salep hitam

admin

Teguh IW, seorang farmasis, suka menulis, ingin menjadi full time blogger, dan bekerja di Apotek Randukuning, Pati, Jawa Tengah.

16 komentar pada "Antibiotik Untuk Menghilangkan Bisul"

  1. selamat malam
    saya baru pertama kali mengalami bisulan
    dan lokasi nya di leher belakang ke arah kanan
    hari ini sudah hari ke 8
    sebelumnya pada hari ke 4 saya mengoleskan salep asam fusidat ke seluruh bisul tanpa terkecuali daerah mata bisul, dan 3 jam kemudian daerah mata bisul terkelupas, sampai sekarang kulit daerah tersebut jadi seperti koreng atau kerak kehitaman, jadi saya mengganti salep saya dengan salaep hitam..
    saya megkonsumsi antibiotik ciprofloxacin, paracetamol 500 mg dan asamefenamat sebagai penghilang nyeri..
    saya belum bisa berobat karena saya bekerja..
    untuk pengobatan di rumah, apakah hal ini sudah cukup??

    1. sudah cukup mbak. penghilang nyerinya berlebihan. pilih salah satu, namun lebih baik pakai asam mefenamat sebagai penghilang nyeri. Asam fusidat jauh lebih efektif dibanding salep hitam..

  2. Artikel ini sangat bermanfaat… kulit saya ada bisul… hari kedua saya kasih salep hitam, hari keempat muncul titik putih-kekuningan di puncaknya, hari ini hari kelima tergesek oleh bahan baju waktu tidur, pecah… saya “hisap” menggunakan kop bekam yang sudah disterilkan, dengan tujuan “menguras” nanah… kulit di sekitar luka saya bersihkan menggunakan betadin …. Tidak ada demam, apakah saya tetap harus minum antibiotik? Antibiotik yang mana? Terima kasih..

    1. ketika bisul sudah pecah, nanah keluar dan dikuras, pemberian betadine sudah cukup untuk mengatasi infeksi. Jadi tidak diperlukan pemberian antibiotik..

  3. Saya mengalami bisul di wajah. Karena kurang mengetahui info ttg bisul jadi saya pikir itu hanya jerawat biasa. Berberapa hari yg lalu saya memencet mencet bisul tersebut. Saya takut apabila muncul bekas karenya. Apakah ada saran untuk menghilangkan bekasnya? Karena itu di daerah wajah dan membuat sayatidak percaya diri

    1. tindakan memencet bukan merupakan tindakan yang disarankan. Sebab akan meninggalkan bekas ketika bisul sudah sembuh. Untuk menyamarkan bekas luka, dapat digunakan cream khusus untuk itu, seperti dermatix dan mederma.

  4. Aku mempunyai bisul di bagian hidung yang sangat memalukan membuat saya tidak percaya diri lagi sudah di obati tapi hasilnya nihil dapatkah anda membantu saya

    1. obat apa yang dipakai untuk bisul tersebut mbak Widya? Ada obat-obat yang bisa digunakan untuk mengatasi bisul di artikel ini kok..

  5. mlm ,.bapak saya terkena bisul terus menerus , bahkan sudah sembuh.malah muncul lagi , smpe2 besar2 bisul nya , apa obat yg tepat apa ya ?

    1. Jika bisul sudah sembuh, tapi muncul lagi, maka yang diperlukan adalah pengobatan yang sampai tuntas. Jika menggunakan antibiotik, minumlah obat tersebut sampai dengan 5 hari, agar kuman penyebab infeksi benar-benar terbasmi. Selain itu, tetap jaga kebersihan diri, agar kuman tidak mampir lagi..

  6. Anak saya 3t juga bisulan dibagian kepala stlh makan telur puyuh,Udah dibawa ke dktr kulit dikasih puyer,salep sama antibiotik (opixime).stlh habis antibiotik 2 hari kemudian bisulnya tumbuh lagi pdhl ga makan telur atw pun seafood,td saya bawa lagi kdktr spesialis anak dikasih puyer,garamycin krim sama antibiotik dan dsuruh mandi pake air PK tapi bisulnya kok malah tmbh banyak kecil2 dsekitar jidad dan blkg kpla..saya harus gimana lagi pak??

  7. Ass,mau nanya pak….bapak saya kena bisul di bagian ketiak yang lumayan banyak dan berulang2,…(sembuh 1 tumbuh lagi di sampingnya)….klo boleh tau obat dan saleb yang cocok utk ayah saya apa pak…..terimahkasih sebelumnya pak.

    1. lakukan pengobatan sampai tuntas. minum clindamycin 300 mg 2 kali sehari selama 5 hari dan gunaan fusycom cream. Oleskan fusycom cream 3 kali sehari di daerah bisul.

  8. slmat mlm pak saya mau tanya . adek saya kena korengan dan ada nanah dikasij betadin aja tapi ga mengecil2 dan sekarang numbuh lagi. gimana cara ilangin biar jadi kecil ya lukanya..penyebabnya kalo tidak salah garukkan karna gigitan nyamuk dan adek saya cenderung darah manis yg kena apa apa selali ad bekas hitam thanks Pak

    1. gunakan fusicom cr dan dioleskan pada koreng tersebut. ketika akan sembuh, biasanya akan terasa gatal. jangan digaruk, agar tidak timbul luka kembali.

Komentar ditutup.